™Cara mengganti Domain .Blogspot menjadi .Com™

Step 1 - Persiapan Sebelum Berganti Domain

Sebelum kita mencoba untuk berganti domain, maka ada beberapa hal yang harus kita siapkan antara lain : 
  1. Tempat atau Web hosting yang digunakan untuk menyewa domain (Dalam hal ini saya akan menggunakan jasa dari Idwebhost.com tempat saya menyewa domain KiosBisnis.com ini) .
  2. Nama domain yang akan nantinya akan sobat pakai ketika menggunakan domain .com.
  3. Hosting. Karena nantinya hosting yang akan kita gunakan tetap dari blogger.com maka  kita tidak perlu biaya untuk menyewa hosting.
  4. Perangkat PC maupun Laptop.
  5. Koneksi Internet.
  6. Uang yang nantinya akan digunakan untuk membayar biaya sewa domain (Di Idwebhost sendiri biaya utnuk menyewa domain .com sebesar Rp 89.000,- per tahun)
  7. Persiapkan juga blog sobat yang akan digunakan untuk berganti domain, karena dalam beberapa jam kedepan setelah proses pengaktivasian domain maksimal 2 x 24 jam (Tergantung tempat menyewa domain) blog sobat tidak akan dapat diakses (biasanya akan muncul tulisan Server not found).
Step 2 - Proses Pembelian atau Sewa Domain

* Cek Ketersediaan Domain

Langkah berikutnya adalah proses dimana kita akan menyewa domain .com ini. Caranya sebagai berikut : Kunjungi Website resmi dari Idwebhost.com. Dan masukkan nama domain yang sobat inginkan ke dalam kotak Search Engine dari Idwebhost.com ini.
Jika nama domain yang diinginkan tersedia maka akan muncul background kotak akan berwarna hijau tua dan terdapat tulisan available. Kemudian klik Order Now. Pilih Domain saja pada kotak service option karena hosting yang akan kita gunakan nantinya berasal dari blogger.com, Klik Order.

* Mengisi Form Pendaftaran dan Penyewaan Domain.

Setelah itu akan muncul form pendaftaran seperti screenshot di bawah ini. Isi data - datanya sebenar - benarnya dan selengkap - lengkapnya agar mempermudah proses penyewaan domain nantinya.

Apabila dalam pengisian data sobat menemukan kesulitan atau ada hal - hal yang rumit untuk dipahami saya sarankan untuk bertanya kepada customer support yang sedang online pada saat itu bisa melalui Yahoo! Massenger maupun nomor hp yang tercantum. Karena sepengetahuan saya CS dari Idwebhost.com ini selalu online 24 jam.

* Cek Email
Jika tahapan ini telah selesai dilakukan dan sobat sudah menekan tombol finish, lalu cek inbox alamat email yang sobat gunakan untuk sewa domain di Idwebhost ini. Berikut saya tampilkan screenshot kiriman dari Idwebhost ketika saya menyewa domain Kiosbisnis.com ini : 

--------------------------------------------------------------------------------

* Pembayaran dan Aktivasi Domain
 
Langkah berikutnya adalah transfer biaya sewa domain yang sudah ditetapkan dan disepakati ke salah satu rekening tujuan yang di beritahukan oleh pihak Idwebhost. Namun apabila sobat tidak mempunyai rekening bank, ada alternatif lainnya yakni datang langsung ke kantor pusat Idwebhost.com ini yang beralamatkan Jl. Perintis Kemerdekaan 33 Yogyakarta.
Jika proses transfer rekening ini sudah selesai dilakukan segera lakukan aktivasi melaui sms ke +6287838256822 yang isinya kurang lebih data diri sobat, nama domain/hosting, nama bank, serta jumlah pembayaran.

* Cek Email 

Sesudah proses aktivasi melalu sms dikirim, cek inbox email dan  sobat akan mendapatkan kiriman pemberitahuan dari Idwebhost seperti di bawah ini :



Setelah ini sobat akan mendapatkan info mengenai id dan password untuk login ke Web Hostingnya Idwebhost. Langkah selanjutnya adalah Proses pen settingan di dalam Web Hosting Idwebhost dan Di dalam Blogger itu sendiri


Step 3 - Setting di Hosting Blogger.com

Sebelum memulai langkah ini ada baik nya sobat mengganti atau merubah ke tampilan atau interface blogspot yang baru agar tidak kesulitan dalam mengikuti alurnya. Dan juga untuk bahasa kita gunakan Bahasa Inggris saja.   

1. Pertama. Login ke dalam blogger.com. Kemudian klik Setting.  


2. Pada Bagian Menu sebelah kiri layar, Klik Setting dan Pilih Basic.

3. Pada bagian Publishing klik tulisan +Add a custom domain.




4. Klik pada tulisan Switch to advanced settings.




5. Pada Advance Settings ketikan nama domain .com sobat yang dibeli atau di sewa di Idwebhost.com. Tuliskan nama domain secara lengkap menggunakan www didepannya, misal www.jogja-hp.com. Jangan lupa beri centang pada tulisan redirect jogja-hp.com to www.jogja-hp.com. Untuk Pertanyaan Use a missing files host? jawab no. Dan terakhir klik Save.


6. Settingan di blogger.com sudah selesai. Sekarang kita melangkah ke tahapan berikutnya yakni Pensettingan custom domain di Idwebhost.com.

Step 4 - Setting di Idwebhost.com

Settingan di blogger.com sudah selesai. Sekarang kita melangkah ke tahapan berikutnya yakni Pensettingan custom domain di Idwebhost.com

1. login ke dalam Idwebhost.com.


2. Lalu akan muncul tampilan Web Hosting Idwebhost.com. Klik Pada Menu Home klik Manage DNS pada domain baru sobat.


3. Pada Form Manage DNS Domain. Pilih Tab CName.


Centang pada kolom edit, Tuliskan pada kolom value ghs.google.com, Terakhir klik Save Setting. Pada tahapan ini pen settingan di Idwebhost sudah selesai dan berhasil. Jangan lupa untuk klik Logout.

Step 5 - Menunggu Proses Resolve

Bagaimana sob??? Mudah bukan. Setelah sobat logout dari Web Hosting Idwebhost maka tinggal menunggu proses resolve atau proses aktivasi. Proses resolve adalah proses dimana blog sobat akan di atur sedemikian rupa oleh server agar blog yang berdomain blogspot.com bisa diakses menggunakan domain .com yang kita buat. Proses ini memakan waktu antara 1 x 24 jam atau maksimalnya biasanya 2 x 24 jam. Jangan panik jika blog custom domain sobat tidak dapat diakses dan muncul tulisan "Server not found". Itu tandanya proses perpindahan domain sedang dilakukan.

Jika domain sobat sudah aktif jangan takut akan kehilangan pengunjung blog karena dari server secara otomatis me redirect alamat domain lama ke domain .com sobat yang baru.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel ™Cara mengganti Domain .Blogspot menjadi .Com™ ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 09 November 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan ™Cara mengganti Domain .Blogspot menjadi .Com™
 

1 komentar:

  1. waw bermanfaat sekali infonya...cz ane jg mau ngeganti blog ane ke .com
    http://cupux-movie.blogspot.com

    BalasHapus